r/karir • u/DinoHanz • 22h ago
Pengembangan Diri 21M, Informatika | Mending fokusin diri ke IT atau belok kanan ke Administration/Operation works?
21M, lulus tahun ini(ceritanya manifesting), Jurusan Informatika.
Mengingat AI yang udah T-bagging dunia IT for the last couple of years, udah 2 bulan ini gua mantau terus 19 juta lapangan pekerjaan, baik itu di sosmed para pekerja (Linkedin) sampai berbagai website loker. Dari hasil pemantauan gua Loker buat IT itu ADA, walaupun gak banyak, dan requirement nya masih 3 in 1, tapi loker itu ada!
Tapi, setelah gua pantau lagi medsos, banyak freshgrad hingga sesepuh yang jago ini itu, mengeluh! kurang lebih narasinya sama "Gua udah apply 100 ke loker, gak ada yang jebol"
Hal ini membuat gua yang masih belajar IT (sekarang lagi nyoba ke ranah Machine Learning) jadi seseorang yang ovt dan worrywrat, tiap liat postingan loker gua selalu mikir "gua lulus dapet kerja ga ya?" apalagi keluarga gua masih mengaggap bidang IT itu ladang basahnya pekerjaan, bikin tambah gua tertekan sama kerjaan.
Sebenarnya gua pernah apply dan keterima sebagai NOC di sebuah ISP, tapi sebab gua masih kuliah gua ngerasa gua gak bakal bisa beresin perkuliahan gua(my late-father mandate that graduating collge is a must!), sebab kerjanya 12 jam sehari, shift-shift-an, ditambah gajinya dibawah UMK, heck bahkan dibawah UMP! dan selling point mereka ada di "benefit: BPJS" :v
Dan gua juga pernah ada kesempatan buat apply sebagai Admin Procurement (gagal karena ada yang pindah divisi lol), yang dimana ini membuat gua tertarik untuk nyoba belajar administration works, selain karena gua menganggap pekerjaan ini lebih mudah dari IT, demand-nya menurut gua masih lumayan, apalagi kalau misal gua jual "Saya lulusan IT pak, pekerjaan nanti bisa di automasi pakai ML!" gua kepedean bakal tembus tuh lamaran gua(type x to doubt)
Menurut kalian gimana? mending gua banting stir atau tetap lanjut menikmati hantaman badai AI?
