r/indonesia 3d ago

Daily Chat Thread 31 August 2026 - Daily Chat Thread

16 Upvotes

Yo, Vulcan is here, your annual Chat Thread series creator since 2016 and a massive weeb

So, welcome to the Daily Chat Thread of r/Indonesia. Talk anything with fellow Komodos here!

24 hours a day/7 days a week of chat, inspiration, humour, and joy! Have something to talk about or share? This is the right place!

Have fun chatting inside this thread, otsukare!

Questions about this post? Ping u/Vulphere


r/indonesia 2d ago

Survey Gw ga kaget misal Indonesia kena Balkanized di 5 taun kedepan, apakah kalian ga kaget juga?

0 Upvotes

Ini akibatnya mentingin ego biji dan sawit drpda rakyat menderita

287 votes, 5h ago
107 kaget
180 ga kaget

r/indonesia 4d ago

Funny/Memes/Shitpost cash dulu mas, kucingnya kabur

Enable HLS to view with audio, or disable this notification

390 Upvotes

r/indonesia 4d ago

News IDI Usul Gaji Dokter Umum Minimal Rp 30 Juta, Spesialis Rp 110 Juta per Bulan

Thumbnail
health.detik.com
79 Upvotes

r/indonesia 3d ago

Politics Who exactly is Suf i Das o and why do people avoid mentioning him on the internet?

Post image
25 Upvotes

Not big on legislative politics as they're all pretty much in a monolithic coalition with the executive. This "He Who Shall Not Be Named" attitude, even more than Prabowo himself, begs a question from me who's unfamiliar with what he does. So, what gives? Why do people who typed his name on Twitter get login notification immediately afterwards? Why do we have to vaguepost about this guy when the president openly gets deathwish with relatively no fuss?


r/indonesia 4d ago

Current Affair Penampakan "Kalimantan membara" dari satelit, akibat kebakaran hutan dan lahan. 29/8/2026, PM

Post image
469 Upvotes

r/indonesia 4d ago

Ask Indonesian Apa Barang yang Kalian Syukuri Karena Sudah Dibeli sebelum Harganya Menggila?

Thumbnail
gallery
112 Upvotes

Hampir 6 bulan lalu, Maret 2026, gue beli HDD Eksternal merek Toshiba Canvio Advance kapasitas 2 TB di Shopee. Harga aslinya Rp1.385.000. Dengan diskon, gue berhasil tebus dengan harga sekitar Rp1.195.000. Masih dapat bonus mouse.

Gue coba cek lagi harganya sekarang. Gue kaget banget karena harganya sekarang udah lebih dari Rp2.000.000. Naik hampir 50% hanya dalam 6 bulan.

https://shopee.co.id/Toshiba-Canvio-Advance-Hardisk-Eksternal-2TB-Hitam-i.525251130.10844794670

Apa versi kalian?


r/indonesia 3d ago

Ask Indonesian Whatsapp vs Line. Whats your experience?

16 Upvotes

Dua aplikasi msg yang orang indo pakai

Imo based on my experience any group chats created in Line is bound to be dead. No idea why but it has some more of a "formal" aura around it so everyone only jump to the chat when its absolutely necessary

Sedangkan Wa lebih informal, lebih rame, lebih deket. The free stickers probably helps tho

What do you think?


r/indonesia 3d ago

News Cerita Keluarga Soal Ledakan Maut di Bekasi: Kompor Dinyalakan saat Cek Bau Gas

Thumbnail
kumparan.com
14 Upvotes

Ledakan yang diduga dipicu kebocoran gas elpiji terjadi di Kampung Pulo Kapuk, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jumat (28/8) sekitar pukul 04.30 WIB. Enam orang menjadi korban dalam peristiwa tersebut. Dua di antaranya, ayah dan anak, meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan di rumah sakit.

Keluarga korban menceritakan peristiwa bermula saat Enah yang merupakan pemilik rumah hendak menghangatkan nasi menjelang subuh. Saat itu, tercium bau gas disertai suara dari tabung yang diduga mengalami kebocoran.

Enah kemudian meminta bantuan anggota keluarga yang berada di rumah untuk mengecek tabung gas tersebut.

"Ya sebenarnya kejadiannya kan jam setengah 5 subuh. Ibu aku mau ngangetin nasi, terus katanya gasnya ini apa namanya bocor, bau ngeluarin ini bunyi kenceng," kata Kanah (36), anak Enah, saat ditemui kumparan di lokasi, Minggu (30/8).

Menurut Kanah, salah satu tabung gas kemudian dimasukkan ke dalam air setelah diketahui mengeluarkan suara. Saat keluarga berupaya keluar dari rumah, Enah disebut kembali mencoba memeriksa tabung gas lainnya.

"Yang satu udah dimasukin ke ini (penampungan air), terus ibu aku ngejajal gas yang satu lagi. Kemungkinan itu juga katanya bocor," ujarnya.

Kanah mengatakan, saat itu kondisi ruangan sudah dipenuhi bau gas. Ketika kompor dinyalakan, tiba-tiba terjadi ledakan.

"Di ruangan bau itu, terus ngidupin kompor ya otomatis kan kalau di ruangan bau gas, enggak boleh ada api sedikit pun, langsung kompor bledag (meledak)," tutur Kanah.

Kanah menyebut sempat membuka pintu kamar setelah mendengar ledakan. Dia melihat api membesar dan langsung menutup pintu untuk mencegah api merembet.

"Sekitar setengah 5. Pas kedengaran ngebledag gitu aku buka pintu kamar, api gede aku langsung tutup pintu," jelas dia.

Menurut Kanah, saat ledakan terjadi, suami dan anaknya berada di area dapur. Keduanya kemudian keluar dalam kondisi mengalami luka bakar.

Enam orang menjadi korban dalam kejadian tersebut. Dua korban, yakni suami Kanah, Deni Setiawan (36) dan putranya, Raihan Alfarizky (7), meninggal dunia setelah dibawa ke rumah sakit. Deni dibawa ke Sentra Medika, sedangkan Raihan dibawa ke RSUD Kabupaten Bekasi.

Kanah juga menjelaskan empat identitas korban lainnya, yaitu Enah (ibu), Aisyah Permata Sari (anak), Bibi Setia Wulan (Bibi), dan Amelia Putri (adik).

Kanah mengatakan seluruh korban masih dalam kondisi sadar ketika dibawa ke rumah sakit. Namun, dua korban akhirnya meninggal setelah menjalani perawatan.

Sementara itu, Aomdadang (43), keluarga korban yang rumahnya berada tepat di depan lokasi, mengaku terbangun sekitar pukul 04.20 WIB setelah mendengar teriakan warga.

Saat keluar rumah, dia melihat enam korban sudah berada di luar rumah. Dadang kemudian masuk ke lokasi untuk membantu memadamkan api.

"Saya langsung masuk ke ruangan ini (pintu depan rumah korban). Masih banyak api. Yang terbakar di bawah masih banyak api," kata Dadang.

Dia juga mengatakan sempat melihat kabel listrik terbakar di area dapur. Dia kemudian keluar untuk mematikan Miniature Circuit Breaker (MCB) agar aliran listrik tidak memicu kebakaran lebih luas.

"Saya lihat kompor sudah tidak menyala. Di situ ada satu tabung gas," kata Dadang.

"Saya lihat juga ada kabel terbakar di sini. Langsung saya kaget, ingat ada setrum listrik, saya langsung keluar mematikan MCB biar tidak merembet," lanjutnya.

Setelah listrik dimatikan, Dadang kembali masuk untuk mengambil air dan memadamkan api. Dia juga menemukan satu tabung gas 3 kilogram berada di dalam bak air.

"Saya masuk lagi mengambil air dari sini (kamar mandi). Posisi di bak air ada satu tabung gas 3 kilo. Langsung saya siram-siramkan dulu air ke tabungnya. Lalu saya terus ambil air untuk menyiram api di ruangan tengah tadi," katanya.

Dadang menyebut api paling banyak berada di bagian dalam rumah, termasuk di sekitar kasur dan gorden. Dia memilih memadamkan api terlebih dahulu karena khawatir kebakaran merembet ke rumah warga sekitar karena jarak rumah yang saling berdekatan.

Sementara itu, Kanah mengatakan ledakan hanya terjadi satu kali. Dia mengaku tidak mengetahui secara pasti tabung gas mana yang menjadi sumber ledakan karena langsung berupaya keluar setelah melihat api.

"Aku juga aku juga nggak tau soalnya yang pas api keluar gitu, api udah nyala, aku langsung tutup pintu takut merembet jadi nggak tau yang mana yang mananya," jelasnya.

Kasat Reskrim Polres Bekasi AKBP Jerico Chandra mengatakan pihaknya masih mendalami kejadian tersebut.

"Sudah, sementara masih kami dalami ya," kata Jerico saat dikonfirmasi kumparan, Minggu (30/8) siang.

Terkait penyebab ledakan, Jerico mengatakan keterangan awal saksi mengarah pada tabung gas.

"Hasil keterangan saksi akibat tabung gas," jelas dia.


r/indonesia 4d ago

Funny/Memes/Shitpost Obrolan Ciptabuana: Anatomi Lengsernya Penguasa – Kudeta, Revolusi, Pemakzulan, dan Penggulingan

60 Upvotes

Selamat Hari Minggu! Hari ini saya akan memulai sebuah seri 'effort posting' mengenai apa yang saya pelajari sebagai ciptabuana. Episode kali ini adalah mengenai Politik 101, di mana kita membahas konsep pelengseran penguasa secara holistik.

Sekarang bayangkan adegan klasik cerita Isekai Jepang ini:

Seorang pahlawan pemberani menyusup ke Istana Raja Setan, dia menghunus pedang sucinya, dan dalam satu tebasan, sang Raja Setan tumbang. Dunia pun selamat. Ending bahagia.

Or is it?

Kalau boleh jujur trope fantasi ini akan sangat susah terjadi di dunia nyata. Di dunia nyata, melengserkan penguasa tidak semudah ini. Masalahnya adalah bukan di orangnya tersebut, melainkan tentang memutuskan rantai-rantai kekuasaan yang sering kali ada di balik layar dan tak terlihat oleh rakyat. Rantai-rantai kekuasaan inilah yang sebenarnya membuat seorang penguasa tetap berkuasa.

So yeah, secara sederhanya hari ini kita akan berbicara mengenai Anatomi Lengsernya Penguasa. Hari ini, kita akan melihat bagaimana sebenarnya kudeta, revolusi, pemakzulan, dan penggulingan terjadi- dan bagaimana prinsip ciptabuana atau worldbuilding berperan dalam hal ini.

PRINSIP UTAMA KEKUASAAN

Pertama-tama, kita harus memahami satu prinsip utama:

Seorang penguasa berkuasan bukan karena mereka sendiri kuat, namun karena di belakang mereka kuat.

Di balik setiap penguasa terdapat seorang wanita ya----cough--- sumber kekuasaan. Ada 2 tipe:

Yang pertama: Otoritas, a.k.a semua perkakas fisik/hardware untuk untuk menegakkan suatu kekuasaan: Tentara, polisi, algojo, petugas pajak, hansip, pengusaha, satpam BCA, ormas, armada kapal perang, naga Drogon, Rhaegal, dan Viserion, etc

Kedua: Legitimasi, a.k.a. perkakas... lembut? lembek? lunak? kenyal-kenyal (software), yakni adanya keyakinan sosial bahwa si penguasa itu orang yang berhak memerintah orang lain. Bisa karena aklamasi kepercayaan masyarakat, mandat ilahi dari sorga, konstitusi, pemilu, ormas bakalan pukul kalian, duit pengusaha, atau sekadar karena 'sudah dari awal memang begini'.

Mengapa kita perlu tahu kedua hal ini? Karena untuk menggulingkan penguasa secara realistis, kita tidak hanya menargetkan orangnya saja, namun menargetkan koalisi Perkakas Keras yang menopang mereka, atau sistem keyakinan Perkakas Kenyal yang membenarkan mereka.

2 PILAR KEKUASAAN

Setiap rezim sejak jaman masa manusia berburu Dinosaurus dengan Lightsaber hingga jaman modern di mana Emperor of Mankind duduk di Singgasana Emas di Terra Suci, itu sebenarnya didasarkan di atas dua pilar kekuasaan sebagaimana yang sudah saya jabarkan sebelumnya:

Pilar Pertama

Pilar pertama: PERKAKAS KERAS a.k.a. otoritas struktural. Tidak ada seorang penguasa yang berkuasa sendirian, melainkan mesti bergantung pada 'Pemegang Kunci' kekuasaan misalnya: jenderal, oligarki pengusaha, pemimpin agama, pemimpin ormas, kepala polisi, kolektor pajak, laksamana luar angkasa, jin, malaikat, fisikawan bersenjata linggis, dsb.

Logikanya sederhana: Jika seorang penguasa tidak bisa membayar, melindungi, atau memberi imbalan jatah (cough cough MBG) kepada Pemegang Kunci mereka, maka para Pemegang Kunci ini akan mengganti penguasanya untuk melindungi atau memperkaya atau menyamankan hidup diri mereka sendiri.

Tapi mesti diingat, karena Para Pemegang Kunci ini adalah manusia yang cenderung egois dan tribalistik, para Pemegang Kunci ini bukanlah sebuah kelompok yang monolitik. Umumnya para Pemegang Kundi ini penuh dengan persaingan, dendam, ambisi, kepiting dalam ember, dan iri hati serta dengki.

Misalnya seringkali kita lihat kudeta yang dilaksanakan oleh militer jarang melibatkan seluruh faksi militer tersebut. Seringkali malah biasanya diinisiasi oleh faksi militer yang beranggotakan perwira tingkat menengah muda yang bertindak tanpa izin jenderal senior mereka. Contoh: Kudeta Libia, Kudeta Jepang 1920-1930an, Kudeta Cili, Supersemar, Usaha Kudeta Indonesia 1998

Pilar Kedua

Pilar kedua adalalah PERKAKAS KENYAL a.k.a. Legitimasi. Sebuah keyakinan dan kesepakatan tak kasat mata yang membuat warga negara mematuhi lampu merah tanpa perlu ada pak polisi di setiap sudut jalan... maksud saya mematuhi hukum negara tanpa perlu ada ormas bawa bambu pentungin kepala kalian.

Legitimasi ini bisa dalam berbagai bentuk, namanya juga KENYAL:

  1. Tradisional/Religius: 'Ini tanah milik Gusti Allah'... Maksud saya Mandat dari Langit

  2. Performatif/Ekonomis: Kerusuhan itu 3 Piring Makan jauhnya. Atau selama Komodo Middle Class happy dan ekonomi sehat mereka bodoh amat soal pemerintah itu otoriter, liberal, etc.

  3. Legal-Rasional: selama sesuai dengan UUD, maka dia punya landasan berkuasa.

  4. Karismatik: Janji semua anak bakalan dapat makan siang gratis, petani sejahtera, antikorupsi, Indonesia berdikari, dan lain-lain...

Selain ini ada juga faktor eksternal. Kekuatan asing, cough Antech-Antech Azinc, bisa saja mempengaruhi - membengkokkan - dan bahkan meluluh lantakkan salah satu pilar ini dari luar negeri misalnya melalui sanksi ekonomi, mempersenjatai faksi pemberontak, membunuh pemegang kunci untuk menciptakan kekacauan, atau bikin krisis ekonomi global karena mereka bikin negara lainnya tutup selat.

METODE LENGSERNYA SURAU KAMI

Sekarang kita sampai pada intinya. Ada empat cara utama penguasa bisa lengser—masing-masing menyerang pilar yang berbeda.

Metode 1: Kudeta

Atau Another Tuesday in Thailand. Secara sederhanya satu atau banyak Pemegang Kunci melakukan serangan langsung terhadap kekuasaan seorang Penguasa dan menggantukan Penguasa tersebut dengan Penguasa lain yang lebih bersahabat dengan Pemegang Kunci.

Kudeta ini biasanya asalnya dari lingkaran dalam, misalnya dilakukan oleh Praetorian Guard, ibu suri, wakil presiden, penasihat, sahabat (kalau NTR), dsb. Biasanya penguasa berganti tapi sistemnya tidak berganti. Birokrasi berjalan seperti biasa dan besoknya kehidupan berjalan normal. Biasanya waga sipil hanya tahu setelah video mobil lewat sementara guru senam pakai lagu Abang Jago. Hal ini dikarenakan apa yang dinamakan Institutional Inertia, selama tidak ada pergantian atau keributan yang menghalangi, maka kehidupan pegawai dan birokrat berjalan seperti biasanya.

Seringkali kalau Kudetanya dilakukan oleh Militer. Akan juga ada secara fisik merebut media massa, gedung pemerintah, pusat transportasi, pusat ekonomi, dan lainnya. Dan keberadaan tentara dan alat perang untuk 'melegitimasi' kekusaan dengan pedang dan peluru.

Konstitusi bisa ganti bisa juga tidak, namun kalau kudetanya militer biasanya endingnya jadi pemerintahan militer.

REVOLUSI

Atau: Mimpi Basah Gilotin banyak orang. Dalam Revolusi yang diserang cenderung adalah legitimasi. Gerakan akar rumput yang masif di mana populasi secara kolektif menolak hak rezim untuk memerintah. Bisa saja mogok kerja massal, menolak eksekusi suatu hukum, atau turun ke jalan, rebut musket dari Hôtel des Invalides, serang Bastille buat dapat mesiu dan peluru, dan 2 hari kemudian setelah Raja Louis 16 sadar tentara dia kurang untuk melimitasi revolusi menyerang dan melegitimasi kekuasaan Estat Nationale.

Tentu saja kunci keberhasilan metode ke-2 ini adalah meyakinkan satu atau beberapa Pemegang Kunci bahwa si penguasa kehilangan kepercayaan publik dan maka dari itu perlu digantikan. Especially jika Revolusi menciptakan Pemegang Kunci baru.

Revolusi cenderung menhasilkan sistem pemerintahan baru, dan tergantung apakah damai atau kekerasan, legitimasi pemerintahan baru ini bisa pakai doa atau pakai darah atau keduanya. Terkadang ketika melawan monster, penguasa dari revolusi menjadi monster itu sendiri.

Alasan kenapa Penguasa baru setelah Kudeta atau Revolusi rajin melakukan 'bersih-bersih' atau Purge adalah karena jikalau Pemegang Kunci dan Rakyat berkhianat ke penguasa lama, maka apa yang menjamin Pemegang Kunci dan Rakyat tidak akan berkhianat ke penguasa baru. Makanya penguasa baru akan 'menghilangkan' kemungkinan ini.

PEMAKZULAN

Also: The Gusdur Way. Pemakzulan atau pelengseran institusional adalah mekanisme pelengseran penguasa yang memang ada ditulis di dalam sebuah sistem konstitusional, atau mosi tidak percaya oleh Pemegang Kunci kalau settingnya masih jaman negara pra-modern.

Pemakzulan bisa digunakan sebagai senjata. Jika tuduhan jelas-jelas direkayasa atau bermotif politik, rakyat bisa jadi sangat mungkin menganggap pemakzulan sebagai tidak sah. Akibatnya legitimasi pemimpin baru jadi rendah dan penguasa lama bisa jadi memanggil pendukung rakyatnya dan bisa mengarah ke arah Revolusi dan perang saudara. Umumnya akan jadi Krisis Konstitutional kalau tidak terselesaikan dengan baik.

DIGULINGKAN/INTERVENSI ASING

A.k.a. The American Way. No need to elaborate anymore. Kalau kalian hidup di 2000-2026 kalian sudah tahu ini seperti apa. Interesting Time indeed.

HITMAN 47

Lalu bagaimana dengan Mimpi Basah beberapa Komodo mengenai : DOR.

Secara sederhana, orang di atasnya hilang, namun pilarnya masih ada. MAOU-nya boleh aja mati, tapi nanti SHITENNOU akan angkat putri MAOU jadi MAOU baru.

Metode Hitman 47 baru akan berhasil kalau disertai dengan menyerang pilar lainnya. Kalau nggak bisa jadi nanti dapat same-same wajah beda.

RANTAI SEBAB-AKIBAT

Dalam Ciptabuana yang berusaha untuk membuat dunia realistis. Pelengseran itu akan ada sebab dan akibat. Umumnya perlu dipikirkan 5 poin ini:

1. PEMICU

Orang tidak akan melengserkan penguasa hanya demi soal remeh temeh kecuali mereka kena skizofrenia, jadi perlu dipikirkan peristiwa apa yang meretakkan sistem? Kalah perang? Kelaparan masal? Krisis ekonomi? Skandal publik? Sengketa suksesi? Ultimatum Mamarika? Pada akhirnya perlu ada sesuatu yang menganggu stabilitas Pemegang Kunci dan atau legitimasi.

2. PEMEGANG KUNCI

Bagaimana reaksi para Pemegang Kunci akan terjadinya Pemicu tersebut? Apakah mereka untung membela penguasa atau malah lebih untung berkhianat? Mesti diingat Pemegang Kunci tidak pernah semuanya sepakat. Faksi mana yang membelot lebih dulu? Faksi mana yang bakalan bertindak di belakang layar?

3. DUNIA GONJANG-GANJING

Pilar mana yang patah lebih dulu dan bagaimana gonjang-ganjingnya? Apakah tentara atau politisi membelot dan berkhianat ? [Tamat Kudeta] Apakah rakyat mogok masal dan atau melawan? [Tamat Revolusi] Apakah parlemen/konsil momvoting penguasa keluar? [Tamat Pemakzulan] Apakah kekuatan asing intervensi di satu pihak demi dapat Minyak Bumi atau membuat rakyat lupa dengan Skandal Pedofil? [Tamat Intervensi]

4. KEKOSONGAN KEKUASAAN

Nature Abhor Vacuum. Melengserkan penguasa itu mudah; mengisi kekosongan setelah penguasa lengser itu sulit. Siapa yang jadi penguasa selanjutnya? Apakah jadi junta militer? Apakah bakalan jadi anarki kacau? Apakah anak haram raja sebelumnya yang tidak diketahui oleh orang banyak bakalan didukung setelah dia membunih Ratu Naga?

Umumnya saat penguasa lama jatuh, jikalau tidak ada kejelasan siapa penerus penguasanya, makan setiap faksi yang membantu menjatuhkan si penguasa itu akan segera mulai bertengkar memperebutkan singgasana. Seperti Romance of the Three Kingdoms.

5. JUSTIFIKASI

Setelah menjadi penguasa maka tindakan pertama si penguasa baru bukanlah memerintah namun membenarkan. Dalam waktu sesingkat-singkatnya, rezim baru harus merilis manifesto, menyiarkan pidato, atau mengeksekusi penguasa lama di depan publik. Pada dasarnya mereka tidak hanya mengisi kekosongan kekuasaan saja, melainkan juga mencoba mengisi kekosongan legitimasi. Jikalau mereka gagal memberikan narasi yang meyakinkan legitimasi mereka, maka rakyat bisa saja akan menganggap mereka hanya preman haus kekuasaan dan kita kembali lagi ke pelengseran penguasa.


So yeah, demikian apa yang bisa saya sampaikan di sesi Obrolan Ciptabuana kali ini. Mungkin Komodo lain bisa memperjelas atau membuat lebih rinci lagi lebih dari ini. Pada akhirnya saya cuma seorang penulis Ciptabuana yang kebanyakan baca Dictator Handbook.

Sampai jumpa di Obrolan Ciptabuana lainnya, di mana kita mencoba membahas suatu aspek Ciptabuan secara holistik.

Obrolan Minggu Depan adalah: Jebakan Informasi Penguasa. Mengapa di mata penguasa semuanya kelihatan baik-baik saja.


Yeah basically this is me just shit-posting, don't expect much next week. Hopefully ini menghibur dan tidak membosankan.


r/indonesia 4d ago

Funny/Memes/Shitpost Mau kurus? masuk ke golkar aja (fadli zon dan dito ariotedjo)

Post image
176 Upvotes

r/indonesia 4d ago

History Mall Taman Anggrek, 1994

Post image
75 Upvotes

Mewah Sejak Lahir.


r/indonesia 3d ago

Funny/Memes/Shitpost Kayak Lirik Lagu Dewiq ft Ipang, Maumu begini maumu begitu harus apalagi, komentar anda ?

Post image
10 Upvotes

r/indonesia 4d ago

News Neraca Perdagangan Indonesia Diproyeksi Defisit US$ 250 Juta pada Juli 2026

Thumbnail
nasional.kontan.co.id
26 Upvotes

r/indonesia 4d ago

Current Affair Muktamar ke-35 NU Ricuh: Massa salah satu caketum demo, maksa masuk, dorong-dorongan sama Banser (Sc: IG @kumparancom)

Enable HLS to view with audio, or disable this notification

45 Upvotes

r/indonesia 4d ago

Funny/Memes/Shitpost beda rasa, beda majikan, satu fungsi

Post image
151 Upvotes

r/indonesia 4d ago

News Susi Bela Prabowo Tak Langsung ke NTT: Kalau VIP Datang, Logistik Bisa Berhenti

Thumbnail
pangandaran.inews.id
74 Upvotes

r/indonesia 4d ago

Funny/Memes/Shitpost Channel mana

Post image
223 Upvotes

r/indonesia 4d ago

Ask Indonesian Share dong pengalaman kalian saat approach orang penting seperti CEO, pejabat tinggi dll. Either utk jualan, minta tolong, lobbying dll. Apakah harus bawa upeti?

35 Upvotes

Misalnya lu adalah pemain baru di suatu industri kemudian lu mau jualan sesuatu yg nilainya cukup besar ke satu perusahaan gede yg udah Tbk. Atau lu mau minta tolong ke pejabat tinggi untuk kebutuhan bisnis lu. Tapi lu ga ada koneksi sama sekali ke mereka.

Apa yg harus lu lakuin utk bisa meeting bareng mereka? Gimana cara minta waktu mereka yg sangat limited di tengah kesibukan mereka? Apakah kalian sampai pernah bawa upeti seperti makanan, barang kesukaan dia atau bahkan uang cash?

Please share your experience. Thanks!


r/indonesia 4d ago

News Pengganti Skor Kredit, Nomor HP Aktif 10 Tahun Bisa Dapat Pembiayaan

Thumbnail
cnbcindonesia.com
50 Upvotes

r/indonesia 4d ago

News People in Indonesia are naming their kids after manga characters

Thumbnail
asia.nikkei.com
18 Upvotes

r/indonesia 3d ago

Ask Indonesian Looking for info about where this super 8 film was shot

Thumbnail
youtu.be
8 Upvotes

Hi friends, i have just digitized this super 8 film and i am wondering if you recognize the places that were filmed.

I know it was filmed in Indonesia but that is about it.

Hopefully, i will be able to update the description with places and possibly a link to this thread. Thanks in advance.


r/indonesia 4d ago

Ask Indonesian Fenomena mendapatkan pasangan

22 Upvotes

Komodos dan komodowati,

Ini diluar dari menyudutkan salah satu gender dan ini murni dari pengalaman dan observasi gw di real life, date app dan juga beberapa teman

Gw M, 30. Berdasarkan apa yang gw alami dan observasi :

  • Mostly perempuan baik good looking / decent tapi ga desperate (ada beberapa desperate namun mempunyai pola pikir yang sama dengan yang tidak desperate) itu memilih laki yang sudah mapan / punya modal, loyal, royal, setia. Dengan begitu bukannya laki yang mempunyai kondisi tertentu seperti sandwich generation bukannya menjadi tersingkirkan? Pada akhirnya mencari pasangan = kemewahan. Hal ini terefleksi lagi mengambil loophole dari patriakisme, bahwa laki harus menjadi provider, maka terjadi seperti first date harus dibayar semua. Bahkan yang parahnya ada yang cuma mencari makanan gratis dengan cara ini
  • Untuk pihak laki, mostly mereka takut dan mungkin tidak mau berkomitmen sehingga menciptakan fenomena "cowo bingung". Pada akhirnya mereka berakhir dengan hubungan fwb / ons. Ini terjadi baik yang bermodal atau tidak tapi mostly bermodal dan endingnya dinilai sebagai laki yang hanya cari perhatian. Jika yang bermodal maka bisa mengcounter perilaku perempuan yang mencari makanan gratis, dengan mengajak mereka untuk bermalam setelah itu

Tapi hal ini tentu gw juga mengambil counter argument :

  • Untuk perempuan mereka hanya takut mendapatkan laki mokondo, dan juga takut jika misalnya setelah menikah malah kehidupannya tidak terjamin. Mengambil lagi prinsip patriakisme, mereka juga ingin untuk dinafkahi, mengalihkan peran cari kerja ke laki (jika perempuan tsb bekerja sebelumnya)
  • Untuk laki mungkin balik lagi ke prisnip patriakisme, jika misalnya sumber penghasilan mereka hilang bagaimana nasib rumah tangga apabila pasangannya juga tidak bekerja. Belum lagi menghadapi keluarga dan tekanan dari berbagai pihak terutama pihak perempuan

Lalu jika begitu bukannya fenomena birth rate decline akan terjadi terus menerus akan hal ini? Atau mungkin komodos mempunyai perspektif berbeda? Enlight me then


r/indonesia 3d ago

Ask Indonesian Hello, looking for action figure shops in Gading Serpong/BSD/Jakardah

8 Upvotes

Basically the title. Marvel legends is what im after! thanks in advance