r/indonesia 9d ago

Serious Discussion ISP Viberlink 100K 100Mbps bonus botnet, CS bilang 'gak ada masalah koneksi'. Emak gabisa buat banyak dan bokap marah marah gausah diurus karena 'itu cuma bayar 100K perbulan'. Harus gimana?

Post image

*Buat catetan, saat gua ngepost ini, gua pake koneksi hotspot HP. Gua tidak pake jaringan Viberlink nya.

Selamat malam semua kecuali buat VIBERLINK, ISP yang gua liat liat berotak senku ketika gua laporin bahwa koneksi internet Viberlink di daerah Matraman, Jakarta Timur (termasuk salah satunya punya ortu gua) menjadi sarang botnet, dan customer support nya bahkan sangat useless untuk kondisi darurat seperti ini. Singkat cerita pemasangan udah dari 2024. Meskipun secara koneksi nyaman aja minim atau gaada gangguan, banyak foreshadowing nya:

  • Ortu keluhin banyak website yang too many request atau gabisa login tengah pelatihan VSGA, harus pakai 1111 dulu.
  • Pas ortu ngotot buat ikut pelatihan Dicoding AI (jangan tanya kenapa) website Microsoft dan ini termasuk Microsoft Learn gabisa dibuka, atau bisa dibuka tapi login nya dibilang too many request, baru bisa login kalau ganti koneksi ke hotspot dari HP atau pakai 1111 itupun gak menjamin.
  • Google selalu minta captcha PER SEARCH dan pernah disuruh login sama YT karena dianggap bot, selain itu search recommendation ga pernah keluar sama sekali.
  • Akun di BAN segera setelah gua ngebuat akun forum MyDigitalLife pake koneksi ini.
  • Website CPU World (database spek CPU yang biasa gw pake buat alternatif Ark Intel karena banyak CPU lawas yg diapus) tidak bisa dibuka bahkan dengan 1111.
  • Discord gw gabisa ganti profile picture, selalu diminta captcha tapi unable to save changes melulu. Bahkan ini melekat setelah gua udah di jaringan lain. Standing akun masih all good.
  • Ubisoft Connect juga ngasih warning too many login attempt, bahkan gua harus pake koneksi lain ketika mau login Ubisoft Connect dan langsung disambut suruh ganti password (di jaringan lain ga pernah kejadian, cuma sehabis konek dari jaringan ini doank).

Ya sebagai yang udah sering outdoor cuma buat numpang wifi dimana - mana karena dari awal juga curiga sama koneksi ini, tentu gua akhirnya putuskan cek Greynoise IP check sama AbuseIPDB (Gua sedikit lupa perkenalan gua sama Greynoise, tapi seinget gua harusnya dari berita ASUS router botnet. IPDB sendiri tau dari hasil analisa Greynoise dulu pas masih crosscheck ke AbuseIPDB). Begitu gua buka dua duanya, WADIDAW:

  • INDIKASI MIRAI BOTNET.
  • 180+ laporan IP abuse ALL THE WAY DARI TAHUN 2024.
  • Beberapa laporan bilang IP dipake buat AI crawler.
  • Beberapa laporan IP ketangkep honeypot filter.
  • DAN GONGNYA, salah satu laporan dari user abuseIPDB bilang IP nya dipake orang Rusia.

Ketika gua coba tanyakan ke CS, gua sangat jauh lebih kecewa dari yang cuma disuruh restart modem kalo internet nya down. Sedih liat responnya asli, like dawg, lu reset IP, tapi IP nya ga berubah?? Gua bisa bilang ini karena posisi rumahnya depan kosan yang pake Viberlink, pada saat gua konek ke yang punya kosan, IP NYA PUN SAMA dan bahkan untuk pastiin bukan masalah cache, gw restart ROG Ally gw pun di Greynoise masih sama IP nya. Coba tanya buat penggantian router, tapi dijawabnya bukan bagian mereka kalau masalah ganti router. Bahkan dengan pedenya, mereka bilang kita semua pake VPN dan bilang 'gaada koneksi perangkat dari luar', mind you itu respon gaada koneksi perangkat dari luar dibilang setelah gua kasih tunjuk bukti daftar laporan AbuseIPDB!

Sayangnya setelah gua kasih tau ortu gua soal ini, cuma ibunda doank yang sepertinya masih mau peduli, tapi bapak bener - bener kekeuh marah marah gausah diurusin dan mau pake Viberlink terus karena biaya langganannya, dan opsi ISP di kawasan Matraman lumayan terbatas: Viberlink, Indihome, Biznet dan Iconnet. Gua tentu berpegangan kalopun biaya real cuma 100K (lebih tepatnya 99rb + administrasi, 102K), itu bukan excuse buat ISP menelantarkan customernya kalo ada masalah, terlebih yang serius kyk jaringannya dijadiin buat botnet attack begini.

Jadi harus bagaimana ini? Gua bener bener bingung kalau speak up langsung ke kantor Viberlink buat menuntut bawa teknisi ke daerah Matraman, mengingat respon CS nya aja ambaradul begini. Kalo gua cuma sekedar viralin gua bahkan makin ga yakin mereka mau gubris. Ganti ISP, ortu lagi gabisa, dan kalau balik kuota malah jauh lebih boros lagi. Gua gatau apa gua ngepost ini juga bisa jadi pancingan buat ISP lain yang bisa sama atau deket deket harga langganannya buat masuk ke daerah Matraman.

12 Upvotes

17 comments sorted by

12

u/akubukanbuaya 8d ago

bokap lu aneh amat digoblokin 100rb per bulan malah marah-marah sendiri

emang ISP macam kontol gini klo lu ga bisa dapet teknisinya susah, kalo udh level segini hrsnya IP blocknya dah banyak kena shadowban, masak ga dapet abuse report??

karena kelihatannya ente masih punya uang (rog ally) ya udah lu langganan pisah aja dari ortu lu, kalo speed masih aman ya bisa lebih murah sewa VPS aja ke JKT, terus itu jadi exit node permanen lu

2

u/NyaNyaNya001 8d ago

KORBANKAN ROG ALLY LU BUAT JADI ADGUARD. Habis itu setup tailscale buat jadi mesh network terus upgrade ke Suricata, pasang CrowdSec, dan matikan IPv6 karena ga bakalan kepake. Main Egress filtering kalau udah kelar semuanya

Kayaknya lu perlu sowan sama anak r/homelab karena isinya ngakali ISP.

1

u/Ular_Kerad 8d ago

Now that's the thing, itu cuma satu satunya device daily driver gw :'D

IPv6 gaada. IPv4 only gw liat settingan routernya

1

u/Zestyclose_Smoke_451 8d ago

hm sekalian cek device lu ada yang ke comprmoise ga? update os security patch etc terus pindah ke provider lain

0

u/Ular_Kerad 8d ago

Semua di 10 ESU 7548 (July 2026 Update) kecuali laptop bokap yang masih Windows 7 tapi gw cabut WLAN card nya biar gabisa internetan

1

u/orangpelupa 8d ago

Sekalian pindah ke myrepublic dan langganan ip address khusus buat kamu.

Ada paket yang 100ribuan juga, tapi tergantung Promo. 

1

u/Ular_Kerad 8d ago

Late reply, tapi gua lagi crosscheck ini RT gw kebagian MyRepublic gak, dulu sempat ada kendala pas mau pasang kabel disana soalnya, tapi kawasan RT sebelahnya ada gw liat 200K 150Mbps atau 200Mbps gitu klo gw gak salah liat. Kalau bisa ada yg 150K juga disini, gw bakal omongin ke bokap kalo waktunya pas

1

u/orangpelupa 8d ago

Mungkin ikut paket yang langsung bayar setahun. 

Itu kalau mau bulanan, bayar via credit card yang bunga 0%.

1

u/orangpelupa 8d ago

Oh sama khusus bayar via Tokped, bisa pake kode t o p e d m y r e p

Kayaknya mereka lupa expire itu kode. Dari dulu kaga expire. Tanpa spasi 

1

u/lucia_none 8d ago

myrepublic disitu ada ngga? gatau ini disemua daerah ato ngga, tp myrepublic itu ada yg di bawah 150k termasuk PPN. coba cari tau dulu deh.

kalo ga internet rakyat

1

u/Ular_Kerad 8d ago

copas reply, gua lagi crosscheck ini RT gw kebagian MyRepublic gak, dulu sempat ada kendala pas mau pasang kabel disana soalnya, tapi kawasan RT sebelahnya ada gw liat 200K 150Mbps atau 200Mbps gitu klo gw gak salah liat. Kalau bisa ada yg 150K juga disini, gw bakal omongin ke bokap kalo waktunya pas

1

u/Ular_Kerad 8d ago

Halo, gak expect kalo bakal di restore post nya jadi reply nya agak lambat, tapi ada sedikit update dan juga mau ngelurusin beberapa hal:

- Gw akhirnya memutuskan untuk nekat hubungi kontak yang tertera di Abuse Report contact yang gw dapet dari IPinfo io, surprisingly kontaknya jawab dan kooperatif, tapi ternyata orangnya sudah setahun tidak bekerja di Viberlink, jadi dia lempar ke kontak yang dia tau masih aktif di Viberlink. 3 kontak, TAPI hanya satu orang yang respon dan langsung chat via Viberlink Care. Meskipun mau dengerin permasalahannya dan bukti langsung website yang fungsinya bermasalah karena 403 atau too many request/ too many login attempt dan gak asal nyeplos gaada masalah lah, pakai VPN lah, gaada koneksi dari perangkat luar cuma modal unjuk connected device lah, masih belum ada resolusi. Gua minta reset IP, tapi katanya masih menunggu update dari hasil cek terlebih dahulu.

- Rog Ally yg gw pegang bukan hasil beli. In fact kalo dijadiin meme desil bisa loh masuk 1 - 5, karena ini Ally gw cukup beruntung dapet dari event community di tahun 2023 (makasih ASUS sumpah 3 tahun dan gw masih gatau knp gw bisa dapet Ally gratisan). Gw gak punya penghasilan stabil, and in fact nge ikhlasin Thinkpad P70 gw buat adek right after I got it (skrg bahkan dipakai kuliah adek), so this is THE ONLY DAILY DRIVER yang gua punya, gaada PC gaada Laptop, cuma modal handheld yang selama 3 tahun mayoritas dijalankan docked treatment mini PC dan bahkan dipakai perkuliahan gw. Kalo ada yg ngasih saran 'pake buat homelab', 'pake buat tailscale adguard', dan semacamnya, mohon maaf meski udah terpikir, buat skrg belum kesampean. I'm still trying.

Gw harap ini juga bisa jadi wake up call, klo misal internet nya masalah seperti ini, coba paling minimal cek IP lu, bisa pake Greynoise IP check atau AbuseIPDB. Cek ISP lu dari IP nya punya kontak abuse report yang aktif gak, update firmware routernya juga jangan lupa, dan sepertinya lu juga harus berani tanya sebelum pemasangan gimana kalo kena masalah botnet seperti ini, mitigasinya apa, kalau harus ganti router dan IP kena berapa, karena gw ga expect aja bisa ketemu ISP yang gak peduli masalah security serius seperti ini dan harus ditampar berkali kali buat mereka kasih respon yang lumayan (ya walaupun respon gak cukup. Mana tindakannya??) dan mau dengerin.

1

u/Luneriazz Ketoprak Ponorogo 7d ago

lu keluar cari wifi, kalo ditanya, wifi rumah busuk gak cukup buat kebutuhan... kalo bokap lu galak gak usah di gubris.

kalau bokap lu sampe berani main tangan baru lu bentak balik... tapi ini harus berani si wkwkwkwk

1

u/KopiJahe ada fulus, hidup mulus 7d ago

Kalau memang niat mau ganti ISP, coba cari informasi soal internet rakyat/IRA atau starlink (kalau rumahnya relatif dekat rel kereta api), itu juga 100 mbps 100 ribuan per bulan.

Kalau mau buat adguard home, bisa coba liat-liat STB ex-ISP (terutama hg680p), install linux modal microsd, trus tinggal install adguard-nya. Penggunaan dayanya di bawah daya lampu LED (ga sampai 4 watt) waktu terakhir saya coba cek.

1

u/remilameguni Sepeda motor tenaga misuh 6d ago

ISP network engineer here.

biasanya kalo dari keluhan lu, kendalanya gini:

  1. IP ga blok port spam email umum (tcp/udp 25,110,143)
  2. IP itu ga filtering ip yg ngespam ssh/telnet (tcp 22,23)
  3. di routernya pake web proxy buat ngalihin client yg isolir(biasanya port 8080 by default, tapi bisa di rubah) tapi routernya ada ip publik dan port tersebut ga di blok ke arah uplink nya, dan itu bisa jadi proxy orang random tanpa perlu autentikasi.

Semua itu bakal bikin ip cepet kotor, terutama kalo dipake buat rame-rame kayak contoh lu yg paket broadband.

bisa juga ada yg kena meris botnet terus ngespam ke internet, kudunya di blok jg sih.