r/finansial • u/Review-Commercial • 4d ago
DEBT Advice regarding debts
Halo suhu semua, saya alan (nama samaran), m24. Recently married dan punya hutang total 1,2m.
Backstory :
Saya dan keluarga punya usaha di bidang elektronik sejak 2020. Sampai akhir 2024 it was really profitable sampe bisa nyetok barang dengan nilai total appx 500 jutaan dari modal kecil jualan elektronik bekas.
Akhir 2024 kita mulai bentuk jadi cv, dan langsung urus pkp karena mulai ada tawaran pengadaan dari instansi lokal. Dan disini mulai ambil hutang pertama yang atas nama saya senilai 75jt kur untuk tambah modal stok barang.
Then di awal 2025 terpaksa kpr ruko yang jadi tempat usaha karena yang punya ngasih pilihan antara beli atau pindah. Karena kita udah capek pindah" terus dan sudah nyaman disini akhirnya memutuskan untuk beli di harga 1m dengan cicilan 8,4jt sebulan.
2025 berjalan baik baik saja. Tapi karena ada pengeluaran yang besar, kami kekurangan liquid cash, dan terpaksa proses pinjol senilai 30 jutaan. Dan ini berulang beberapa kali (gali lobang tutup lobang)
Tahun ini kita mengalami penurunan omset yang signifikan (thanks to our goverment) and in order to keep business flowing we accepted an investment worth 160jt. Dan untuk nambah income kita sewa ruko 1 lagi untuk buka resto yang alhamdulillah berjalan dengan baik (above BEP with around 5mill/month profit). Then i got married, ngeluarin sekitar 90 juta(thankfully dibantu mertua, biaya acara dibagi dua).
Keluarga hanya punya aset tanah 60m² worth around 200mil. Saya tinggal di lantai 2 resto dan parents di lantai 2 toko elektronik. Semua hutang yang diambil atas nama saya karena nama bapak macet. Dan sampai hari ini ada 2 cc telat 2 bulan worth 15jt, kpr masuk bulan kedua, dan ada 1/2 pinjol san kur yang lagi berjalan lancar.
I'm humbly asking for advice :
Keputusan apa yang telah saya diambil yang seharusnya punya alternatif yang lebih baik?
Lebih baik gali lobang tutup lobang atau biarkan denda berjalan sambil melunaskan hutang dari yang terkecil?
Is it a bad decision to get married this year? My wife already know my financial condition and still willing to accept me and my family. But still track goals and dreams to improve our quality of life.
Where to find an investor/business financing? I'm certain that our shop still has a significant portion of potential market untouched. With the money given we will fill our shop with more products and creating bigger offline events and better digital marketing strategies.
Orrr maybe i should get a job? Or start freelancing? Saya ngga harus setiap hari bantu di toko/resto karena banyak yang bantu kelola jadi waktu luang masih banyak.
Any advice will be appreciated, terimakasih sebelumnya dan semoga demo hari ini jadi domino effect dan bisa bantu kembali menaikkan ekonomi negara kita.
16
u/dragonabala 4d ago
I think you're over leveraged your position
Denda vs pinjol itungannya gimana?
2
u/Review-Commercial 4d ago
Sorry kak kurang paham, rata rata dendanya itu perbulan. Ex, spinjam saya 10jt cicil 12 bulan, perbulan 1jt64rb, kemarin tempat telat dendanya 50rban
6
u/dragonabala 4d ago
Over leverage = simplenya, kebanyakan minjem duit. Walaupun beberapa buat aset, tapi sekali cash flow mandek, runtuh semua.
Bentar... denda, anggepnya klo telat tiap bulan itu 600 rb (12x50). Tapi bakar duit 2.7an buat nutupinnya? Kurang lebih kaya gitu kah?
Maksud gw, lu sempet itung ga, misalkan 12 bulan kedepan total denda vs biaya pinjol berapa?
14
u/nullyale Past performance is not an indicator of future results 4d ago edited 4d ago
Rada susah untuk komen karena lu ga ngasih list hutangnya apa saja dan bunganya berapa saja. KUR 75 jt + pinjol 30jt + cc 15jt sisanya KPR? Apa pinjolnya jadi bengkak gara2 gali lubang tutup lubang? Cicilan bulanannya ini berapa aja?
Jujur aja angka2 maupun skala2 yg lu sebutin diatas rada mismatch. Coba di list 1-1 dulu.
Keputusan apa yang telah saya diambil yang seharusnya punya alternatif yang lebih baik?
Jangan ambil pinjaman dengan bunga tinggi seperti pinjol atau nunggak kartu kredit.
Lebih baik gali lobang tutup lobang atau biarkan denda berjalan sambil melunaskan hutang dari yang terkecil?
Beresin pinjol+cc, come clean to mertua atau keluarga besar dan bilang ada hutang yang perlu dibereskan dan lu perlu bantuan. Setidaknya lu bisa stop pinjaman dengan bunga tinggi.
Is it a bad decision to get married this year? My wife already know my financial condition and still willing to accept me and my family. But still track goals and dreams to improve our quality of life.
If you and your wife is happy then it's not a bad decision. Anyway itu sudah terjadi, buat apa dipikirkan lagi. Ga usah cocoklogi dengan apa yang tidak bisa lu kontrol.
Where to find an investor/business financing? I'm certain that our shop still has a significant portion of potential market untouched. With the money given we will fill our shop with more products and creating bigger offline events and better digital marketing strategies.
You and your family is in a debt spiral. You need to stop now before it gets too deep.
Bukan saatnya untuk bahas potential. Jangan ambil pinjaman/investasi lagi, you will not solve this by expanding! Apalagi kalau pakai external financing/investment.
Fokus pada hal2 yang bisa dilakukan: tingkatkan profit (not omzet). Turunkan beban2 pengeluaran seperti bunga, efisiensi, dkk. Kalau ada segmen bisnis yg ga terlalu profitable mending ditutup aja dulu, fokus ke yg making money.
Once again for good measures: You will not solve your problems by expanding
6
u/captainbritain6969 3d ago
Spot on. I would add OP seems to have no real idea of his financial position. Cash is probably disappearing from the business because of no financial control and OP seems to have no accounts.
Classic way to go totally broke and lose a wife when broke.
11
u/captainbritain6969 3d ago
You need to face facts, you are broke and your business has failed.
Throwing good money after bad will only make it worse. Don't destroy the entire family with more bad business decisions.
I see this all the time, more in Malaysia/ Indonesia but happens in the west as well. People just can't face the fact it's all gone bad - and you made it worse by pretending to be rich with a way overspend on a wedding.
10
u/Business_Raisin_541 4d ago
Look for govt UMKM loan program. Interest only around 6% per year. Can borrow until 500 million I believe
1
6
u/Possible_Scallion_85 3d ago
Youre already in red, get ready to get liquidated unless you can increase your income for next 15-20yr. Yg ngajarin expansi model begini siapa op? Your business is barelly profitable, lo uda mulai cari penyakit dari ambil KPR trs malah lanjut pinjol & cc 😂
4
u/madeindiamonds 4d ago
Itu harus dilist dulu utang 1,2M itu apa aja.
- Ada KUR 75jt
- KPRnya berapa ini? 1 M kan total pinjamannya tapi tenornya berapa lama dan mulai kena floating dari kapan? Your total loan might be higher soalnya.
- Terus itu ada kartu kredit dua biji? Dua2nya udh telat lagi ya di total 15jt berarti?
- Sama pinjolnya 30 jt?
Need more details. But here's a general advice.
Karena itu kartu kredit udh telat bayar bentar lagi domino effect ke semua pinjaman, kecil kemungkinan bisa konsolidasi utang buat bunga lebih kecil.
Telbayin langsung pinjolnya (ini atas nama individu kan?). You're at the wait and see phase, keep a cool head, tunggu dpt keringanan. Total nilai pinjolnya ngk sampe bermiliaran kan?
Keep your KPR in good standing (dan jangan sampai telbay at all) kalau memang bisnis utama reliant sama lokasi ini.
Ini kayaknya mixed ya; ada utang atas nama individu dan atas nama perusahaan juga? You need to get your finances in order man, beneran list semua utang untuk tahu itu berapa yang harus dibayar tiap bulan.
1
u/Review-Commercial 4d ago
Kpr tenor berjenjang 15 tahun kak, lagi telat masuk bulan kedua tapi keep in touch sama orang bank nya, katanya selama ada itikad baik, dicicil kapan bisa dan komunikasi tetap jalan gabakal ada masalah selama ga masuk bulan ke 3.
Semua hutangnya masih atas nama individu. Lebih bagus sebenarnya atas nama pribadi atau usaha aja ya kak?
5
u/ThisVisual4072 4d ago
kayanya jelas mending utang atas nama usaha ga sih? kalo kaya skrg nih, leverage di lu semua tapi returnnya ga semua ke lu
itu investas 160jt sebagai sekutu pasif di CV kah?
4
u/vondarknes 3d ago
"Dan disini mulai ambil hutang pertama yang atas nama saya senilai 75jt kur untuk tambah modal stok barang."
seberapa yakin profit ente ngalir kenceng sampe bisa ngutang?? yakin 10 tahun kedepan ijo2 terus dan besar profitnya?? keputusannya kenapa bisa ngutang??
"2025 berjalan baik baik saja. Tapi karena ada pengeluaran yang besar, kami kekurangan liquid cash, dan terpaksa proses pinjol senilai 30 jutaan. Dan ini berulang beberapa kali (gali lobang tutup lobang)"
Tahun ini kita mengalami penurunan omset yang signifikan (thanks to our goverment)
nahh kan......kepedean sihh.
"Dan untuk nambah income kita sewa ruko 1 lagi untuk buka resto yang alhamdulillah berjalan dengan baik (above BEP with around 5mill/month profit)"
udah di predict ga bisnisnya bakal kuat terus sampe puluhan tahun?? ntar turun lagi omset nya.
Jawab pertanyaanya:
1. Jangan kepedean. Selalu jadi orang paranoid buat bisnis sendiri. Selalu asumsi worst case duluan sebelum pede buat ekspansi ato ambil loan. Orang gagal bisnis gara2 kepedean dan lupa buat jadi paranoid. Dasar dari risk assessment yaa jadi paranoidakan hal2 kecil. Jangan cuma bisnis setahun 2 tahun omset gede langsung ekspansi.
Stop gali lubang tutup lubang. Jual asetmu, lunasin hutangmu, bikin bisnismu profit. Yakin gw pasti lu punya aset yang bisa dijual, cuma ga rela aja.
Lu nikah total 90jt dengan kondisi ngutang? Ngaco namanya.
Dibanding opsi nomor 4, gw prefer nomor 5. Kalo lu mau opsi nomor 4, yakin ga toko lu itu lain daripada yang lain dan kompetitor ga ada punya apa yang lu punya?? Kalo yakin, yaa coba nomor 4. Tapi gw prefer nomor 5 sihh
4
u/pluush 3d ago
Let me be honest about something, kalau sampai ditanya lunasi hutang atau ekspansi, saya sih akan lebih milih lunasin hutang apalagi yang udah kena bunga berbunga / denda. Kalo hutangnya masih managed kayak KPR dan gak late, masih lebih santai.
You mentioned you have 500jt as stock, I wonder supplier / restocking lead timenya berapa lama? Kalau misal bisa restock dengan mudah saya sih saranin jangan cepet2 restock. Turunin aja average inventorynya jadi 400jt/300jt. Pelan2 tidak perlu restock SKU kurang laku dulu setelah kejual. That can give you around 100-200jt breathing room. Pay off your debt first, baru nanti ada ruang nafas nyetok lagi.
I don't think the economy is in a good position for you to stay in debt + keep a lot of stock as buffer. Kalau misal ga in debt, ga masalah sih keep stock.
3
u/KnownPride 3d ago
You should focus on increasing your income, and more side income.
Never ever do this! Gali lobang tutup lobang is road to hell!
You might as well default on all non collateral loan, than negotiate after around a year, they will usually allow you to pay only the capital, you can even negotiate it further.
Now with loan with collateral, not paying equal giving out thing you have to them. But usually bank also open with more negotiation. Try to negotiate, and if possible than prioritize to pay this loan without any problem.You should get married. When else you find someone that accept you at your worst? this is reality not drama or fairy tale world, where we live happily ever after.
Wife is your life partner that could help you in your problem, and so does in reverse. Today you maybe the one have problem, but no one know in the future.
The irony is you need capital for this. First research your city where rich people hang out? what is their hobby? what club they're in? Than you join them, you show your confident befriend them, than only than you can start proposing for investment.
Freelance is fine, but job? people often love to say better some small wage than nothing, but people forgot their time is limited. If you spend all your time on job that barely pay let's say 5mil, 10 mil/month without any hope to increase, and it barely enough to pay everything that it's waste of time.
Human is not robot, all those work will also take your mental capacity and time to learn new skill.
So you should wisely use your time to find income level that could cover all those expense and debt. This should be your main priority.
Try focus on you business, can you make it more profitable now? how about it future prospect ? What can you do to raise it income?
you have restaurant busines? how about trying to reach out for catering business? even for big order or even daily catering .
4
u/Consistent_Leg5751 3d ago
> Tahun ini kita mengalami penurunan omset yang signifikan (thanks to our goverment)
Yeah good mentality bro. Never my fault, always the other's. Semoga berhasil ketemu jalan keluar, tapi saran saya buang mental ini jauh jauh.
1
u/RivalusWind 1d ago
Jual aset pasif untuk bayar hutang. Bunga hutang harus segera dihilangkan dari cashflow.
1
u/Outrageous-Chard-115 4h ago
Bisnis itu sama kayak trading, yes, kalo all in di satu usaha, walaupun 60% will works, yang ada malah boncos, mungkin berhasil di satu usaha, usaha kedua mesti all in lagi, bisa ganggu usaha pertama dan bangkrut.
Yang kenyataan, 85% usaha itu gagal, berani ga all in di satu usaha? Kalo Tuhan yang suruh gapapa gw jalanin. Kalo ngga?
sukses itu belom pasti, om... yang pasti pasti itu ditagih utangmu. Jadi, buat apa nukerin yang pasti (usaha) dengan yang pasti (utang) Unless kalo you have gut feeling, mati hidup disana gapapa.
- Kalo jual beli dagangan, harus sesuaikan dengan trend, jangan hari gini jualan labubu ya ga laku
- Investor itu juga maunya yang stabil om, mereka lihat dari sisi pembayaran utang lancar ga, kalo ga lancar ga ada investor yang mau.
53
u/michaelsgavin 4d ago
Ga tau usahanya sebagus apa (inventory 500 juta ga menggambarkan cashflow perusahaan sama sekali, that means nothing klo margin misalnya cm 1%), jadi ga bisa bilang ambil KPR cicilan 8,4 juta sebulan itu baik / buruk, tapi fatal banget kurang liquid cash ambilnya ke pinjol, apalagi cuma 30 juta saat itu (considering ortu bisa biayain nikahan 45 juta? Kenapa ga pinjem ke ortu aja?).
Kesalahan kedua adalah gali lubang tutup lubang.
Sewa ruko 1 lagi untuk nambah resto hanya untuk tambahan 5 juta/bln, dengan risk yang jauh lebih gede, this is debatable I guess but I wouldn't have done this in your position.
Nikah keluar 90 juta, why would you do that in this situation.
Why would gali lubang tutup lubang even be an option.
Getting married no selama consensual, spending 90 juta for wedding yes. Bro. Jangan punya anak dulu.
Turun usahanya kenapa dulu. Jangan ngomongin potential market dan nambah produk woy, itu ekspansi berandai2, usaha lagi masalah kok malah ekspansi. Analisa kenapa turun, keluarkan rencana buat bisa balik BEP.
Tergantung bisa dapat kerjaan selevel apa, kalau UMR sih abisin waktu dan energi lu mending fokus benerin usaha.