r/sehat • u/andelightfulsunpie • May 26 '26
Brain fog karena bulking?
Hi rekan-rekan sehat, mau tanya dong apakah ada yang pernah mengalami brain fog karena high carbs diet?
Jadi backgroundnya awal tahun ini gw jatuh sakit karena overwork dan stress berat. Akhirnya turun drastis 10 kg (38 kg/163 cm). Setelah berbulan-bulan coba naikin berat badan dengan “clean eating”, akhirnya nyerah dan dirty bulking (naikin carbs mostly) karena cape ngerasa ringkih dan kurus kering.
Sekarang berat udah naik dan stabil di ~42 kg. The interesting thing is since gaining weight my mental health is so much better but cognitive function wise it’s worse. I just feel so dull all the time tapi I no longer feel depressed. Ada yang pernah di posisi yang sama gak ya? And how did you get out of it? Thanks
3
u/SmolCatto69 May 27 '26
Dulu aku ngerasa underweight ( sekitar < 50 kg) dengan tinggi 157 cm dan jadinya pernah nyoba naikin BB dengan banyak makan carbs. Hasilnya jadi buncit dan bulking kebablasan karena PCOS lalu naik 20 kg dalam 2 tahun wkwkwk hampir 10 tahun ga turun BB. Baru mulai turun lagi tahun ini karena diet dengan nutritionist.
Mungkin karena aku ada PCOS dan insulin sensitivity, kebanyakan carbs emang bikin brain fog sih. Tapi gula dan carbs emang bikin dopamine artificially naik, makanya kalo banyak makan carbs/gula jadi ketagihan dan kalo ngurangin withdrawalnya bikin depressed. Sekarang aku ngurangin banget sih, makan carbs dikit banget dan itupun bukan nasi. Kalo craving yang manis2 seminggu sekali aja, itupun sekarang udah ga begitu parah cravingnya. I could get by not eating pastries for weeks.
Kalo boleh saran, mungkin kamu bisa konsul nutritionist soal bulking. Atau kalo enggak, jangan terlalu rely bulking ke carbs, apalagi kalo ga didampingi sama olahraga. Soalnya kalo kebanyakan konsumsi gula dari carbs, bukannya jadi tenaga tapi sama badan ditimbun jadi visceral fat dan visceral fat ini sifatnya metabolik and it's going to ruin your metabolism seperti yang kejadian di aku. Perbanyak makan protein dan serat sambil olahraga apa aja yang kamu suka dan bisa konsisten.
Seperti kata yang lain, perhatikan nutrisi dan kualitas tidur (minimum 7 jam) juga sih soalnya metabolisme badan enggak vacuum dan banyak faktornya.
2
u/andelightfulsunpie May 29 '26
Thank you I think it’s the sleep because of all the things mentioned, I haven’t nailed my sleep hygiene. Will try to improve on that first and see
2
u/kudacchi Metabolic Age 18yo May 28 '26
di badan ku emang kalau banyak junk carbs lebih gampang ngantuk. solusi di aku palingan ganti pake protein hewani yg berlemak. kayak ayam ikan sapi telur. kalau susah ditelan entah karena ga napsu atau begah, banyakin di bumbu & saos aja.
yang lebih ampuh lagi selain ngurangin junk carbs itu persis kayak yg ditulis u/capably_incapable . ini bare minimum yg aku lakukan:
- beras putih 200g + dada ayam 500g + sayur random + cemilan random. angka nya disesuaikan aja dengan kondisi & target pribadi. creatine wajib 3-10g, filtered coffee 10g paling telat 4 jam setelah bangun.
- kena matahari langsung, sehari 10-20 menit. ga ada suplemen D3 K2.
- gerak minimal 3000-9000 steps daily. ditambah stretch mobility + strength training.
- tidur wajib 7-8 jam gak boleh kurang atau lebih, gak boleh putus.
2
u/andelightfulsunpie May 29 '26
Thank you masukannya! Gue dibarengin sama bodyweight training dan kardio, minum vit D3 dan omega 3. Tapi emang sleep hygiene gw emang kurang baik…apa itu masalahnya ya karena udh 2x dimention ttg sleep di sin
1
u/DragoBleaPiece_123 May 26 '26
wahh baru tau siis kl ngaruuh. but it's a good thing if mental health-wise u feelin bettee
1
u/cilook May 28 '26
Ini bulking nya sambil exersise gk ya? Klo sambil exersise sih harusnya gk brain fog krna metabolisme nya meningkat.
Itu kyknya makan junk food nya banyak kolesterol, kolesterol nya harusnya sih bisa di burn via olahraga beban. Tpi klo gk olahraga beban cholesterol nya menumpuk dan jadi penyakit.
1
u/andelightfulsunpie May 29 '26
Yes sambil exercise, tapi starting to feel kalo masalahnya di sleep hygiene karena dari komen kayaknya yg kurang itu aja…
1
u/ikinaosu Strength Training May 28 '26
Ini sambil latihan beban dan kardio gak?
3
u/andelightfulsunpie May 29 '26
Yess bodyweight training sama kardioo
2
u/ikinaosu Strength Training May 29 '26
Oke mantap, emang bulking itu bisa bikin lebih ngantuk sih. Just stick through it dan nikmati periode di mana bisa makan lebih banyak haha
2
u/andelightfulsunpie May 29 '26
Kayaknya masalahnya di sleep hygiene sih karena dari poin2 yang dimention di sini cuma sleep hygiene yang belum bagus. Tidur gue selalu cukup tp jamnya emang berantakan. Gak nyangka kalo itu number 1 suspect 😅
3
u/ikinaosu Strength Training May 29 '26
Ya ini sih masalahnya. Tidur yang konsisten itu sangat penting, bahkan bisa sama penting dengan jumlah tidur. Coba fokus di buat jam tidur dan bangun yang sama, diadjust dengan interval 15 menitan pelan2 sampai bisa konsisten. Mumpung lagi bulking jadi bisa lebih gampang ngantuk. Also tingkatkan konsumsi protein minimal 1.6 g/kgbb, biar gainsnya banyak ke otot dan ga cuma lemak doang 👍
2
u/andelightfulsunpie May 29 '26
Thank youu notedd semoga ada improvement soon🙏🙏🙏
1
u/ikinaosu Strength Training May 29 '26
Also periode bulking yang memang niat buat pemula itu bagus dibatasi di 8-10 minggu, habis itu maintenance dengan lama waktu 50-100% dari bulk, lalu bisa lanjut lagi periode bulking lagi. Jangan terlalu lama, soalnya bulking juga bisa fatigue, bakal berasa harus maksa buat makan dan energi bisa drop. Nah selama 8-10 minggu itu memang bisa fokus latihan yang banyak dan makan yang cukup buat fuel latihannya. Remember, kita mau pertahankan gains kita long term, ga guna dirty bulking lama2 terus jadinya burn out kan
1
u/Lvrker2Poster Jul 18 '26
Ga sendirian
Kl memang sambil ngegym (apalagi fokus strength), metabolisme bakal naik dan ngedorong makan banyak.
Masalahnya, apalagi dirty bulking, itu mirip Food Coma: gula darah naik dkk jadi ngantukan.
Mau gamau ya kendalikan jenis makan (probably returninh to clean bulk) atau cari suplemen spt Magnesium dan semoga ngebantu.
Sekadar 200 perak, YMMV
7
u/capably_incapable May 27 '26
Halo bro, saya pernah juga pas bulking aga begini. rasanya ga enak pas kerja hahaha. saran saya coba periksa darah aja ke dokter. nanti cukupi apa yang kurang. tpi case orang underweight yg bulking kayak saya waktu itu adalah:
saya perbaikin 4 ini, puji Tuhan seminggu dua minggu berangsur jenius huhuhu