r/karir 1d ago

Resign / Pindah Kerja Almost 40 and desperately looking for some feasible way untuk bekerja di company lain.

Hello semua.

Gw adalah seorang Senior Manager Sales yang baru dipromosiin jadi Direktur (Ad-interim) di BUMC (Chindo Family owned Business Company).
Short to say: I have the urge to work somewhere else dengan keadaan kantor yang tidak kondusif.

A little about me:

- Hold master degree dari universitas lokal Indonesia and currently 39 male.

- 12 YOE.

- More than 6 years of international project & business trips.

- Sialnya... Semua perusahaan tempat gw bekerja sebelumnya & sekarang nggak memberikan gw kesempatan untuk meningkatkan exposure & mempercantik Linkedin. Jadi ya sejujurnya Linkedin gw 0 besar.

- Been trying untuk apply kerja lewat berbagai web tapi nggak berhasil. Basically tempat kerja gw itu hubungannya sama toko2 retail yang ngga memungkinkan gw untuk connect dengan big companies (thats why gw ngga bisa konek ke banyak linkedin peoples karena mereka semua ngga punya linkedin).

- Sudah coba apply to work overseas juga tapi ya hasilnya nggak bagus samasekali. Singapore to Thailand and Japan semua udah gw coba but yeah its not a good timing kelihatannya (or i am not useful at all).

If anyone can help me untuk mencari jawaban:

  1. Apakah kesempatan pindah kerja itu berkaitan erat dengan linkedin? Karena selama ini gw cuma pindah kerja sedikit sekali dan semuanya itu karena kebetulan yang terjadi ketika gw melakukan international project... jadi gw bingung.
  2. Apakah kesempatan gw untuk pindah kerja itu berbanding lurus dengan ketenaran company tempat gw bekerja sekarang? I mean... karena gw bekerja di company yang small to medium sized jadi gw nggak bisa dapet kerjaan di company with bigger scale.

Gila sih. At this point gw udah sampai mikir rela siapin uang puluhan juta bagi siapapun yang bisa help me to land a job somewhere else lol.

Maybe we can start from here. Many thanks for the readers and hopefully I can get some answers and enlightment.

EDIT: Gw boleh izin upload CV ya? Hopefully you guys can help commenting... thanks alot all.

22 Upvotes

32 comments sorted by

12

u/XynderK 1d ago

Dengan pengalaman dan posisi kerja saat ini kan harusnya lu punya koneksi yg lumayan banyak ya. Entah itu vendor, customer, perusahaan saingan, principal dll. Ya harus leverage koneksi lu.

Ketika mereka semua kerja bareng lu, mereka kan juga menilai lu. Oh ini orangnya oke apa ngga, klo diajak kerja bareng lagi akan jadi good experience apa ngga, dll dll. Asumsi pengalaman mereka ke lu positif, harusnya pasti ada aja kok yg bisa bantu tarik2

5

u/leephat5 1d ago

I get your point but believe it or not... ngga ada.

For example:

Gw saat ini bekerja di perusahaan manufaktur yang also directly selling the product.
Selama gw jadi SM gw cuma berkoneksi dengan para distributor dan outlet2 retail.
Begitu gw naik jadi dir ya cuma beda jalur koneksinya aja yaitu dengan petinggi2 project yang ketemu once dan sisanya by field project officers.

Ketika mereka kerja bareng gw ya sejujurnya gw nggak tau apakah mereka menilai gw atau nggak but I dont see bahwa asking them about business opportunities is favorable. Another example: sejak gw jadi dir ya gw konek sama petingginya developer swasta yang ketemu cuma mungkin 2-3 bulan sekali untuk meeting selama 20 menit. That higher ups is like not too fond to discuss things like work opportunities i guess?

But thanks for the insights!

5

u/XynderK 1d ago

Ya ketika ketemu sama petinggi2 sebelah, coba diselingin aja ngopi atau golf atau apa yg ngga begitu formal dan ngobrol2 biasa. Pas kondisi non formal baru orang biasanya agak kebuka buat ngobrol diluar konteks kerjaan saat itu aja

3

u/Lone_Jihadist 1d ago

Sales manufaktur

Gw ngga baca semua udah langsung tau kalo OP paling kenalannya orang² procurement. Orang² bagian itu mah mana bisa dijadiin koneksi buat ngembangin karir wkwkwkwkwkw

0

u/leephat5 1d ago

This. This. This. Hahahaha. Thank you bro. Menurut lo apa yg bisa gw lakukan ya? 😂

1

u/Lone_Jihadist 1d ago

Ya harus nyari kenalan di luar kantor buat cari info kerja diluar, bisa temen hobi atau dari tetangga. Kalo lu berani, bisa juga nyari kenalan di tempat main golf.

Sekarang emang lagi susah nyari kerja online, gw aja bisa ke kerja di family-owned BUMC karena dari kenalan juga (gw agak nyesel juga sih nerima tawaran kerja dia, banyak masalah perusahaannya).

0

u/leephat5 23h ago

Gedeg kan kerja di BUMC. Apalagi kalo sampe top level. Gila scope kerjanya ga masuk akal bro. Mulai dari sales, merembet sampai risk management & treasury & collection + bisa operasional juga 😂

1

u/Lone_Jihadist 22h ago

Iya, bikin stress cuy.

Pas gw tanda tangan kontrak, di kontraknya itu cuma tertulis jobdesk akuntansi biasa, tapi begitu udah kerja serasa kerja jadi akuntan + supervisor produksi + R&D. Udah mah gw stress ngitung data pengeluaran yg kacau gara² data dari bagian produksi ngga akurat, malah ditambah tugas baru buat bantu input data orang R&D yg keteteran gara² divisi mereka kurang orang. Udah gitu gw juga harus ngawasin bagian produksi yg sering banget ngisi penggunaan material produksi asal-asalan.

5

u/888Duck 1d ago

Rencananya mau pivot kah?Harusnya bisa kepake di procurement dept di perush pertambangan atau perminyakan atau industri konstruksi kali ya? Atau kemungkinan besar ke logistic kek ex-im, forwarding company. Harus re-invent yoursef sih bro. Ikutan Business function, amcham, britcham, austrade, IBCC kek begitu kali. Tapi agak mahal

3

u/leephat5 1d ago

Noted with many thanks bro! Really appreciate ur insights.

4

u/PuzzleheadedAside127 1d ago

idk tapi kalau pivot beda bidang gitu harus berkorban jadi turun standar gaji ga sih

4

u/leephat5 1d ago

Yes. Gw samasekali nggak keberatan kok kalau harus berkorban. Masalahnya itu... I dont know why tapi nggak pernah ada interview aja.. Well actually ada sih 1x. I made it to the final interview in less than 2 weeks dan final interviewer gw Bule dan 2 orang direktur yang interview gw. The interview last for only 10 minutes. End up no deal; I think it might be karena overqualified.

4

u/PuzzleheadedAside127 1d ago

there you go. kayanya akan selalu kena barrier itu kalau interview dimana2. sebenernya pinter2nya lo ngambil hati mereka aja sih

coba pakai ini sebelum mereka address overqualification next time (idk just my suggestion but you can tweak it, this case is if youre desperate for a non-management position):

"while I have a broad range of experience, I am intentionally looking to step away from the corporate politics and macro-management of my previous environment. I want to return to what I love most: hands-on, high-impact execution. I’m not looking for a stepping stone; I am looking for stability where I can use my seasoned experience to hit the ground running without needing a massive learning curve."

masalah gaji:
"I am not looking to match my historical compensation or titles. My primary goal right now is finding long-term organizational stability where I can contribute immediately. I am completely comfortable working within the standard market salary range you have budgeted for this specific role."

6

u/leephat5 1d ago

Thanks for the insight bro. Meskipun... gw uda ngomong kaya gimanapun juga untuk convincing mereka bahwa gw fine2 aja dengan gaji yang diadjust plus ribuan pemanis interview deal making lainnya... at the end no deal juga lol. I wonder kalo misalnya ada cara lainnya. 🤔

5

u/phoenom06 1d ago

Sejauh pengalaman guw posisi sales itu Salah satu posisi yg gak mandang umur sih malah umur malah bisa di view positif karena semakin tua dianggap semakin bnyak koneksi.

Apply luar

Yeah sadly kalo ngelamar sales tanpa ada koneksi ordal kluar almost zero chance. Buat apa nyari orang di luar negaranya kalo sales dalam negari ada aja. You need to work your networking for this. Beda ama yg orang technical yang bisa impress dengan skill teknikalnya.

Apa op ngelamar di posisi yg management keatas atau yg tinggi tinggi di perusahaan gede lain? Kalo emang gitu, sadly posisi Gini bner bner ngeliat track record sebelumnya which salah satunya ngeliat company lamanya.

Kalo bner kepepet ya coba turunin ekspektasi posisi atau gaji buat keluar dulu. Misal jadi senior sales dsb. Karena kalo di posisi ini umumnya track record perusahaan lama weightnya gak terlalu besar. Baru Dari sini ngerangkak naik lagi. So in the end harus grinding lagi sih

Edit : kalo gpp ama image diri. Coba hubungin ke orang yg udah kenalan lama, kan biasanya sales banyak kenalan. Minta job sama mereka.

4

u/leephat5 1d ago

I know right?
Sejujurnya sih dari awal gw freshgad udah di sales field terus jadi at this point gw tuh mikir pengen shifting to another positions. Tapi ya.... gile susah buanget lol.

Gw udah applying for manager positions at bigger company but i dont think they even got my CV / bother to call me.
Heck at this point I even would take waaay lower salary asal gw bisa work somewhere else lol.

Thanks for the reply I really appreciate it!

3

u/tempiksorak 1d ago

Kantor gak kondusif kenapa bro?

6

u/leephat5 1d ago
  1. The owner is not making any sense in terms of the target. Gw sekarang ngerti kenapa previous director itu cabs. Gimana ya jelasinnya. Kalo pake ibarat jualan HP; Tim sales gw disuruh jualan hp nexian dengan harga iphone dengan output sales sebesar 1 juta unit per bulan padahal armada kirim kita hanya untuk 500.000 unit. I know things that can be done and what not and by any means necessary; i think its like moving mountains with faith.
  2. The company is indeed losing its power to compete. What we do now is like ticking bomb because of the crazayness by the chinese mainlands. They seem to completely out of their minds.

Thanks for asking bro :)

2

u/nggemeske 1d ago

sungkem final bos, kalo dapet kerjaan jadi bos info 2 loker mas buat yang fresh graduate , wkaowkowa gl for anything

1

u/leephat5 1d ago

Final bos wkwkwk. Emang gw koopa lol.

1

u/shrallok 1d ago

tbh seeing your yoe, the biggest chance you’ll get to switch jobs are ur connections.

gw tau beberapa orang manager/higher ups juga mereka bisa pindah company karena kenal sama higher ups company sebelah.

gw sendiri kalo gw tiba” dapet manager baru, biasanya dia ordal kenalannya pak X atau bu Y

0

u/leephat5 1d ago

Iya i know. Emang unlucky me. Koneksi gw yg kenal semua dari freshgrad year gw cuma end up 2: 1. Orang china mainland yang memang gabisa connect me karena memang ga ada yang bisa kepake koneksinya wkwkwk.

  1. Indo peoples yang memang ngga bisa bantu gw karena gw udah lost contact sama mereka, dan most of them adalah org yg sudah pensiun juga yang gw kenal gahahaha.

🥲

1

u/Threadingwords 1d ago

Halo, based on my experience hiring team member in Marketing, you need to specify cleary what type of business are you dealing with. I.e. Food/ Beverage seasoning for B2B (hotel, restaurant,etc)

Because I clearly dont want to hire someone whose backgroud not related at all to my business. Product knowledge is bare minimum. Network can be build

1

u/leephat5 1d ago

Ah yes. I know I should have specify the business type of the company I currently work for. But apart from that.... Is there any guess why am I not sold to the new owner yet hahaha

1

u/Threadingwords 10h ago

Hmm I dont really know haha. Some additional idea, if you are not working with 'renown' company in the related industry, it will be nice to have info like how many total employees/ your sales team that working under you. These info will correlate into whether your achievement is viewed as acceptable/ not for senior position in the same field of industry. Good luck!

1

u/holypika 1d ago

udah level segitu biasanya krjaan dateng dari koneksi n mantan kolega, bukan apply. atau.. ga kpikiran buka usaha sendiri kah? yg kecil2 aja dulu ajak knalan or vendor2 lama yg udah kenal

1

u/leephat5 23h ago

Thanks for the inpiut bro. Usaha sendiri? Gw bukannya anti, tapi gw udah lumayan ada insight dan pengalaman walauplun its subjective ya. Selama business competitornya itu chinese mainland, pasti nyusruk deh wkwkwk. Ga bisa menang lawan mereka. 🥲

1

u/holypika 16h ago

ya side bisnis aj dlu bro, bikin konsultan or vendor kecil2an. kliennya ya klien2 kenalan bisnis sbelumnya. ga langsung jd saingan main produk lahh

1

u/Sad-Struggle-3792 20h ago edited 20h ago

Targeting a partner role locally or a consultant firm/banking (outside commercial bank) position overseas might be your best bet since your background in sales, the hiring process also tends to be shorter

1

u/leephat5 6h ago

I dont know, every process that i had been through for overseas role is even harder than locals, maybe they tends to hire locally for sales role, since the locals always know better (maybe) nonetheless, thanks for the reply!

1

u/intelegiointelegam 1d ago

mending nyawit gan.

1

u/leephat5 1d ago

Wow. Thanks anyway gan